Senin, 06 Februari 2012

PERANGKAT INTERNET

  • Perangkat keras untuk akses internet
Agar sebuah komputer dapat dihubungkan dengan internet, maka perangkat keras dengan persyaratan tambahan yang harus dipenuhi agar dapat terhubung dengan internet. Berikut adalah peberapa perangkat dasar yang diperlukan...
1. Modem



Modem adalah alat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon dan internet. Modem adalah singkatan dari MOdulator DEModulator. Secara singkat, fungsi modem adalah untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital.



Ada dua jenis modemyng terdapat di pasaran :
  1. modem internal
  2. modem eksernal
Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel. Keuntungan modem internal harganya lebih murah, namun juga memiliki kelemahan antara lain pemasangannya yang lebih sulit, dan penggunaannya tidak dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain. Keuntungan dari modem eksternal pemasangannya lebih mudah, dan dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dengan mudah, namun harganya relatif lebih mahal. 
2. Line Telepon

Jaringan telepon merupakan salah satu persyaratan untuk terhubung ke internet karena jaringan ini digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Dengan demikian, kita dapat terhubung dengan internet apabila ada komputer, modem, line telepon, dan mendaftar pada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (internet service provider), serta menginstalasi kan perangkat lunak yang diperlukan.
  • Perangkat lunak untuk akses internet
Beberapa perangkat lunak untuk mengoperasikan aplikasi internet antara lain:

Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, yang digunakan untuk mengakses web. WWW, Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP yang digunakan untuk menjalankan aplikasi. FTP, Mirc,Yahoo Massenger, atau ICQ adalah program untuk mejalankan chatting. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.

0 komentar:

Posting Komentar