Senin, 27 Februari 2012

Kecepatan Transfer Data


Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar. Suara dan gambar dikirim dalam bentukdata. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data antara dua komputer. Dalam perpindahan data, kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat dipertimbangakan. Cepat lambatnya perpindahan data sangat bergantung pada kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps). Pada umumnya, ISP yang ada di Indeonesia menggunakan modem yang memiliki kecepatan 28,8 kbps, 3,36 kbps, atau 56 kbps. Namun, kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps, hingga 28,8 kbps.

Beberapa komponen yang menentukan kecepatan transfer data adalah sebagai berikut:

  1. Bandwidth
    Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat dianalogikan sebagai sebuah jalan yang dilewati kendaraan secara bersamaan.
  2. Server Proxy
    Server Proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses web site – web site yang mereka sukai dengan lebih cepat.
  3. Backbone
    Backbone adalah saluran konekis utama jaringan ISP dengan internet. Untuk membuat backbone, diperlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Biasanya, ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain agar dapat lebih mneghemat biaya.

0 komentar:

Posting Komentar